Sabtu, 04 Maret 2017

Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan dengan Mudah

Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan dengan Mudah 

Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan dengan Mudah - Admin sering kali mengalami problem satu ini, malah dapat dibilang ngantuk berlebihan merupakan musuh terbesar admin. Entah sebab pola hidup admin yg kurang ideal atau terdapat gangguan kesehatan tertentu yg membuat admin sering mengantuk saat di tempat kerja. Bahkan sebenarnya sejak dari admin masih sekolah dulu, admin sering mengantuk & kerap menguap di kelas. Terutama di tambah sekarang admin sering tidur sampai larut malam yg disebabkan lembur atau memang sulit tidur atau bahasa kerennya insomnia.. hehe.. umumnya sih buat mengantisipasi & mengobati ngantuk saat bekerja.. admin mesti & kudu wajib ditemani secangkir kopi di kantor. Namun tentu perkara ini jika dilakukan dalam jangka waktu yg lama bakal tak sungguh baik buat kesehaan. Karena, admin dapat menghabiskan 3-4 cangkir kopi dalam sehari. Berawal dari perkara ini memunculkan rasa penasaran kenapa admin dapat cepat mengantuk di tempat kerja. Karena bila anda dapat mengetahui faktor penyebabnya, anda dapat melakukan pengobatan yg tepat & sesuai dengan faktor penyebabnya. & gampang-gampangan artikel yg admin sajikan kali ini dapat membantu para sobat pembaca tentang problem cepat mengantuk ini.

Faktor penyebab Cepat Mengantuk & Gampang Lemas

Terlalu Banyak Beraktivitas

Salah satu faktor penyebab kerap mengantuk & lemas yg terjadi di tubuh anda ialah aktivitas yg berlebihan. Saat melakukan suatu aktivitas dengan cara berlebihan, dengan cara alami tubuh anda bakal merasa lelah & lemas, sebab kalori yg tersimpan didalam tubuh bakal terbakar. Jika dianalogikan seperti kendaraan bermotor, rasa mengantuk & juga lemas yg kerap muncul ini diakibatkan oleh bahan bakar anda yg sudah habis dampak aktivitas yg berlebihan yg dilakukan.

Kekurangan Kalori & juga Jat Giji didalam Tubuh

Selain itu, faktor penyebab lainnya dari rasa mengantuk & juga lemas bisa diakibatkan oleh kurangnya asupan kalori & berbagai macam kebutuhan zat giji buat tubuh. Kekurangan dari kalori & juga jat giji tersebut tentu saja sungguh berpengaruh buat melakukan aktivitas, & jika kekurangan kalori & jat giji tersebut terjadi, maka kita bakal merasa lemas & juga mengantuk.

Maka dari itu, buat mengoptimalkan asupan kalori & juga jat giji didalam tubuh kita bisa melakukan beberapa perkara berikut :

  •             Wajib melakukan sarapan atau konsumsi pagi
  •             Minum suplemen yg bisa  menaikan asupan vitamin & juga jat giji tubuh
  •             Tidak boleh terlalu banyak beraktivitas.
Terlalu Banyak Makan

Tak hanya kurang konsumsi & kurang kalori, ternyata pakta & juga hasil penelitian pun mengatakan jika kita mengalami kelebihan asupan makanan yg memiliki kandungan kalori alias konsumsi berlebihan, malahan bakal memunculkan rasa kantuk yg luar biasa. Nah, maka dari itu, kita juga pun mesti bisa  buat mengontrol asupan kalori yan gmasuk menuju dalam tubuh anda, supaya kita tak merasakan ngantuk & juga lemas dalam beraktivitas.

Dehidrasi

Selain urusan asupan kalori, perkara lainnya yg bisa mengakibatkan kerap mengantuk & juga rasa lemas di tubuh kita ialah dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu tanda tubuh yg mengalami kekurangan atau depisit cairan, sehingga proses metabolisme didalam tubuh jadi tak optimal. Selain itu, keadaan tubuh dampak kurang konsumsi pun bisa berakibat di menurunnya konsentrasi & pokus. Tentu saja bakal membuat kita jadi sulit buat melakukan berbagai macam aktivitas kita dengan baik.

Menurunnya Suplai Oksigen menuju Otak

Suplai oksigen yg menurun merupakan faktor penyebab rasa mengantuk lemas di tubuh anda. Menurunnya suplai oksigen apalagi bisa membuat pungsi & juga kerja dari otak jadi tak optimal, sehingga epeknya ialah bisa menyebakan kantuk & juga lemas.

Biasanya, keadaan suplai oksigen menuju otak yg menurun tersebut diakibatkan sebab adanya beberapa faktor penyebab umum. Faktor penyebab biasa ini antara lain :

  •             Dehidrasi
  •             Kurangnya asupan giji didalam tubuh
  •             Sesak napas
  •             Tekanan darah rendah
Insomnia, Gangguan Tidur & juga Kurangnya Waktu Tidur

Anda pasti pun sdah kerap mendengar mengenai apa insomnia. Ya. Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur, dimana pengidapnya tak bisa memejamkan matanya buat tidur di malam hari sebab satu & lain hal, seperti :

  •             Banyak pikiran
  •             Bahaya merokok & konsumsi alkohol
  •             Paktor cuaca & keadaan lingkungan tempat tinggal
  •             Adanya penyakit yg mengganggu, seperti demam & juga penyakit lainnya
  •             Bahaya kapein
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa insomnia merupakan salah satu paktor utama faktor penyebab dari rasa lelah, lemas & juga mengantuk yg dialami oleh seseorang di keesokan harinya. Selain insomnia beberapa perkara yg bisa mempengaruhi rasa kantuk & juga tubuh yg lemas antara lain :

  •             Kurangnya waktu tidur
  •             Adanya gangguan tidur, seperti mimpi buruk & tidur sambil berjalan
Anemia

Jika menuju – 6 faktor penyebab sebelumnya dari mengantuk & juga rasa lemas didalam tubuh diakibatkan oleh keadaan disiologis & juga lingkungan, maka terdapat juga faktor penyebab dari dalam tubuh yg bisa menyebakan kerap mengantuk & juga lemas. perkara pertama ialah anemia atau yg kerap disebut dengan kekurangan darah. Anemia merupakan suatu penyakit atau keadaan yg mempunyai tanda-tanda utama 5 L, yatu Lemah, Lelah, Lemas, Letih & juga Lesu.
Biasanya anemia diakibatkan sebab kurangnya jat besi didalam tubuhm sehingga membuat ondisi tubuh jadi gampang terasa lemas.

Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah berbeda dengan anemia. Jika di anemia, pengidapnya mengalami kekurangan darah, maka pada keadaan tekanan darah rendah, pengidapnya mempunyai tekanan darah yg rendah yg berada di bawah tekanan darah normal.

Ciri-ciri darah rendah tersebut sungguh erat kaitannya dengan suplai darah & juga berbagai macam zat giji, termasuk pun oksigen menuju berbagai organ tubuh. perkara tersebut dengan cara langsung bisa mempengaruhi keadaan tubuh jadi lemas & juga mdah merasa mengantuk.

Kanker

Mungkin inilah salah satu penyakit yg berbahaya & juga terditakuti. Celakanya, hampir semua kanker memunculkan tanda lemas di tubuh. Nah, jika kita mengami tanda lemas di tubuh yg sungguh kerap terjadi & juga terdapat rasa askit atau sakit di bagian tubuh tertentu. Segeralah periksakan diri kita menuju docter buat pengobatan lebih lanjut.

Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yg berhubungan dengan system pencernaan, yg diakibatkan oleh bactery atau kuman. umumnya diare bakal berhubungan langsung dengan keadaan tubuh pengidapnya yg mengalami dehidrasi, sebab peses yg keluar berupa cairan. Maka dari itu, umumnya pengidap diare bakal terlihat sungguh pucat & juga gampang merasa lemas.

Kurang Mengonsumsi Jat Besi

Kepala Zat giji Healthspan Rob Hobson mengatakan: “Sertakan banyak makanan tinggi jat besi, seperti daging tanpa lemak, sayuran hijau tua, kacang-kacangan & buah-buahan kering, & pasangan mereka dengan makanan seperti buah jeruk tinggi bakal Vit. C.” tersebut bakal menjadikan tak gampang mengantuk.

Penyakit Jantung

Saat jantung kita mulai kurang baik bekerja dalam bekerja, kita bakal gampang sekali merasa lelah. perkara tersebut dapat saja jadi faktor penyebab mengantuk berlebihan. saat kita tak mengalami tanda faktor penyebab mengantuk berlebihan yg lain sebaiknya perisakan kesehatan jantung anda.

Saat gampang merasa lelah & mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya anda memastikan bahwa jantung dalam keadaaan yg baik, sebab selalu mengantuk dapat jadi perciri awal penyakit jantung.

Hipotiroid (Menurunnya Produksi Hormon Tiroid)

Tiroid ialah kelenjar kecil pada dasar leher, yg memiliki fungsi mengontrol metabolisme & kecepatan mengubah bahan bakar jadi energy. Saat kelenjar kurang aktip & fungsi metabolisme terlalu lambat, orang dapat merasa badan lesu & selalu mengantuk.

Pre-Diabetes

Ngantuk terus-menerus dapat jadi merupakan salah satu tanda prediabetes. Sesudah makan, tubuh mengalami hiperinsulinemia (berlebihannya insulin), sehingga kadar gula darah turun drastis. karena itu, amatilah tanda prediabetes, seperti gampang haus & kerap berharap buang air kecil. Bila dibiarkan, prediabetes dapat jadi diabetes. Tapi, buat memastikannya, jalani dahulu pemeriksaan darah.

Kurang Olahraga

Satu penelitian di University op Georgia menemukan, responden yg melakukan olahraga ringan 20 minute, tiga hari dalam seminggu, dilaporkan tak gampang mengantuk enam minggu lalu.

Sementara, menurut dr. Michael Triangto SpKO, spesialis kedocteran olahraga dari Slim+ Health Sport Therapy, gampang mengantuk atau tubuh seperti kurang berenergy dapat diakibatkan sebab kurang berolahraga. Sebaiknya tidak boleh melakukan olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

Berikan jarak minimal tiga jam antara olahraga & waktu tidur. Pasalnya, begitu selesai berolahraga, tubuh menghasilkan adrenalin yg membuat anda sulit tidur. Sesudah beberapa lama,adrenalin menurun, tubuh bakal relaks & gampang tidur.

Sindrom Kelelahan Kronis

Lelah umumnya segera hilang saat dibawa istirahat. Namun buat sindrom kelelahan kronis (chronic patigue syndrome), lelah tak cepat hilang & umumnya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, lekas marah, sakit otot & dalam beberapa kasus terjadi hilangnya memori.

Sumber :
http://halosehat.com/penyakit/tanda/faktor penyebab-kerap-mengantuk-dan-lemas
http://www.gulalives.co/2016/03/29/faktor penyebab-gampang-ngantuk/

Cara Menghilangkan & Mengobati Ngantuk yg Berlebihan

Minum Segelas Air Putih

Dehidrasi bisa mengakibatkan kelelahan. Pastikan kita konsumsi banyak air & konsumsi makanan yg memiliki kandungan kadar air kaya seperti buah & sayuran. ini bisa membuat kita segar kembali sebab cairan dalam tubuh kita kembali normal. Usahakan buat konsumsi air putih murni 8 gelas perhari.

Cuci Wajah

Ini pun salah satu tips yg terepektip & mungkin kita pun kerap melakukannya. buat lebih epektip lagi, cobalah mencuci wajah kita dengan air dingin.

Minum Kopi atau Teh

Teh ataupun Kopi telah dibuktikan bisa menghilangkan kantuk sebab mengandu jat kapein yg bisa menstimulus otak kita kembali segar. Namun ingat, tidak boleh terlalu banyak meminum kopi sebab terlalu banyak konsumsi kopi bisa berimplikasi menuju berbagai macam penyakit lainnya, apalagi lambung.

Istirahat Sejenak

Saat kita sedang bekerja atau belajar, cobalah buat beristirahat sejenak. tips yg terdengan beristirahat ialah melakukan senam-senam pemanasan seperti meregangkan tangan, kaki, pinggang, ataupun menggoyang-goyangkan kepala anda.

Tarik Napas

Menurut penelitian, saat kita menguap berarti kadar oksigen dalam otak kita sedang berkurang. Sebab meguap pun merupakan salah satu ciri kita sedang mengantuk. buat mengobatinya, coballah tarik napas dalam-dalam tahan sekitar 5 detik lalu hembuskan selama 5 detik, lakukan tersebut beberapa kali hingga membuat kita merasa segar kembali.

Usahakan Ruang Terang

Saat ruangan kerja atau belajar kita terang, otak kita bakal merespon lebih & membuat mata kita tak merasa mnegantuk. karena itu, usahakan meja kerja atau belajar kita dekat dengan sumber cahaya seperti kaca ataupun lampu.

Mengobrol

Saat kita sedang mengobrol, otak kita bakal merasa lebih segar sebab sudah melakukan kegiatan dalam pikiran anda. Namun tidak boleh hingga mengobrol di depan Si Bos atau Guru anda, bisa-bisa kita malah dimarahi.

Olahraga

Hasil analisis 70 penelitian di 2006 yg melibatkan lebih dari 6.800 orang, para ahli dari Universitas Georgia menemukan, olahraga lebih epektip menaikan energy & menurunkan kelelahan di siang hari dibandingkan mengkonsumsi obat. Olahraga teratur pun menaikan kualitas tidur.

Stimulasikan Pikiran

Pekerjaan monoton sama berbahayanya sebab menurunkan waktu tidur & menurunkan kewaspadaan. coba lakukan kegiatan yg berbeda, atau kegiatan yg lebih menarik.

Dengarkan Musik.

Biasanya banyak tempat kerja yg menyediakan loudspeaker besar supaya musik & lagu yg diputar didengar karyawannya. ini membantu mengaktipan otak & mengusir rasa kantuk.

Ngemil & Mengunyah Permen

Cara lain mengusir kantuk ialah dengan mengemil makanan ringan seperti keripik pedas, kacang, dan cemilan lain. Tidak boleh makanan berat seperti nasi, lontong & sebangsanya yak arena makanan berat malah menambah rasa kantuk semakin menjadi-jadi. Di samping itu, menguyah permen pun membantu mengusir rasa kantuk. Banyak permen pengusir rasa kantuk seperti Kopiko, dan permen lain pun bisa. Permen karet & kesibukan mengunyah karet pun membantu rasa kantuk lekas hilang. untuk Sobat yg kebetulan guru sekolah atau dosen, tolong ijinin siswa atau mahasiswa menguyah permen di kelas ya sebab membantu mengusir rasa kantuk hilang & tak menurunkan konsentrasi belajar.

Tidur

Ini ialah termanjur dari segala obat dari rasa kantuk. jika rasa kantuk telah tak dapat diobati dengan obat apapun, itu artinya tubuh, mata, jiwa & seluruh raga & jiwa butuh istirahat total. Luangkan waktu 15-25 minute buat tidur (istirahat) sejenak. jika tak bisa, minta ijin kepada atasan, guru, dosen buat pulang istirahat. Sebab banyak kecelakaan terjadi sebab orang memaksakan diri bekerja di saat mengantuk berat. Biarlah bolos sehari atau berisiko ditegur atasan gara-gara tak masuk sehari buat tidur istirahat, asal tak rugi terserang kecelakaan ya Sobat. Maklum, manusia pada dasarnya punya rasa lelah, capek & jugaya hak buat istirahat & tidur. Jadi, tidak boleh terlalu dipaksakan ya.

Sumber :
http://cara-cara.inpo/obat-menghilangkan-mengobati-ngantuk-saat-kerja/
http://wartamedika.com/cara-mengobati-ngantuk/

Nah, gimana sobat ? semoga cara – cara di atas bisa membantu kita buat menurunkan & menghilangkan ngantuk yg berlebihan.


Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan dengan Mudah Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan dengan Mudah Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan dengan Mudah Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan dengan Mudah Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan dengan Mudah Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan dengan Mudah Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan dengan Mudah Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan dengan Mudah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar